Qurban For Orphan Sinabung | Mizan Amanah

Mutakhirkan

Qurban For Orphan Sinabung

Published by adminweb on Sen, 10/12/2015 - 22:40

QURBAN BLESS WITH ORPHAN AND POORS

pengungsi erupsi gunung sinabung kab.karo sumatera utara

FIRST

Gunung sinabung ( 2.451 Mdpl ) adalah salah satu gunung yang paling aktif di dunia, selama tiga tahun terakhir sejak 2012 sampai dengan 2015 paling tidak sudah tiga kali meletus dengan letusan yang besar sehingga memaksa 12.000 orang yang berada disekitar lerengnya harus mengungsi meninggalka desanya untuk mengamankan diri dari bahaya yang ditimbulkannya seperti awan panas dan lontaran material yang lain.

Gunung sinabung terletak di kabupaten Karo, sebuah daerah di dataran tinggi karo, provinsi sumatera utara, kabupaten karo yang beribukota di Kabanjahe adalah salah satu suku kekerabatan Batak, atau batak karo meskipun banyak yang menyatakan bahwa mereka adalah suku tersendiri yaitu suku karo.

Sebagaimana kebanyakan daerah di sumatera utara, islam adalah agama minoritas di kabupaten Karo, masjid tidak mudah di jumpai dikampung-kampung, bahkan aktivitas dakwah pun terasa dingin di tanah karo Dari 160 masjid ti Tanah Karo, 54 diantaranya tidak melaksanakan sholat Jum'at dengan berbagai alasan, seperti tidak ada imam, tidak ada khatib dll.

Bahkan ada sejumlah masjid yang sudah tidak pernah buka sama sekali. Menyedihkan! Bahkan masjid agung kabanjahe juga didominasi oleh orang-orang yang sudah senior usianya, sehingga membutuhkan sentuhan dakwah yang lebih komprehensif dan terencana. Demikin juga dengan Pengungsi erupsi gunung sinabung, sebagian diantara mereka adalah muslim, dari 9 titik pengungsian yang ada di kabupaten karo kebanyakan menggunakan gereja sebagai tempat pengungsian, dan diantara para pengungsi yang tinggal di gereja tersebut adalah muslim, salah satunya adalah di gereja Batak Karo Protestan (disingkat GBKP) kaban jahe, dari 1527 jiwa yang mengungsi ditempat ini 840 orang diantaranya adalah muslim, yang kesulitan melaksanakan sholat dengan layak, anak-anaknya tidak bisa mengaji.

Di lokasi inilah Mizan amanah melakukan penyembelihan hewan Qurban, dua ekor kambing disembelih dipojok gedung serba guna milik gereja, kumandang takbir sebagai pengiring proses penyembelihan juga dilaksanakan di posko ini.

PROFIL PENERIMA HEWAN QURBAN

Program Qurban Bersama Yatim dan Dhuafa yang dilaksanakan di kabupaten karo mengambil lokasi di dua pengungsian dari Sembilan titik pengungsian erupsi gunung sinabung, kedua lokasi pengungsian tersebut adalah : Pengungsian Jambur Tongkoh, Berastagi Pengungsian ini menampung lebih dari 300 kepala keluarga asal desa Kuta Rayat kecamatan Naman teran, salah satu daerah yang paling parah diterjang awan panas gunung sinabung.

Tidak hanya penyembelihan hewan qurban saja, di posko pengungsian yang dipimpin oleh Bang Sastrawan Ginting ini juga dilaksanakan kegiatan “Nyate Bersama” yang di ikuti oleh ratusan anak-anak, ibu-ibu bapak-bapak, pemuda, pemudi dan seluruh warga posko pengungsian tumpah ruah membakar sate bersama-sama, 20 panggangan sate yang disediakan Mizan Amanah membuat suasana yang belum pernah dirasakan sebelumnya, saking meriahnya kegiatan nyate bersama ini belum selesai bahkan sudah pukul 21.00 malam saat semua relawan mizan amanah pamit kembali ke secretariat di kabanjahe.

Penyembelihan hewan qurban dimulai pada pukul 15.00 dan baru berakhir pada pukul 21.00, sambil selesai proses penyembelihan dan pengulitan, dilakukan permainan dengan anak-anak, lebih dari 100 anak-anak muslim dan non muslim bermain bersama sambil menunggu daging yang disiapkan untuk dibakar.

Kambing yang menjadi qurban di posko ini didapatkan dari sebuah desa di kecamatan tiga panah atau sekitar 20 Km dari kabanjahe ibu kota kabupaten tanah karo arah ke danau toba, kambing dengan berat sekitar 42 Kg dibeli dari warga.

Dalam Program Qurban Bersama Yatim dan Dhuafa, mizan amanah juga memberikan bantuan berupa buku iqro dan kerudung untuk anak, namun karena jumlahnya yang terbatas, maka tidak semua anak mendapatkan bantuan tersebut. 

KENDALA KEGIATAN

Program Qurban Bersama Yatim dan Dhuafa yang dilaksanakan di kabupaten karo secara umum berlangsung secara lancar sesuai dengan syariah, namun ada beberapa kendala yang dihadapi diantaranya adalah sulitnya mendapatkan hewan qurban, untuk mencari kambing qurban harus keluar kota ke desa-desa, tidak seperti kota-kota lain yang dengan mudah mendapatkan kambing untuk qurban, di kabupaten karo yang sebagian besar penduduknya bukan orang islam, beternak kambing jarang dilakukan karena beternak babi lebih menguntungkan secara ekonomi, sehingga ketika relawan mizan amanah mencari kambing ke pelosok-pelosok desa diantaranya ke daerah sempang empat harus menemukan kambing yang kandangnya menjadi satu dengan kandang babi sehingga tidak di beli meskipun harganya murah dan kambingnya besar. Akhirnya mendapat kambing di kecamatan tiga panah sekitar 20 Km dari kaban jahe arah ke danau toba, selain itu juga mendapat di daerah pinggiran kota kaban jahe.

PENDUKUNG KEGIATAN

Program Qurban Bersama Yatim dan Dhuafa yang dilaksanakan di kabupaten karo didukung oleh teman-teman relawan dari karang taruna kecamatan kabanjahe dengan 15 personilnya serta mobil operasional dan sekretariatnya. Kegiatan juga di dukung oleh ustadz Ucok sebagai jagal.

REKOMENDASI PASKA KEGIATAN

Program Qurban Bersama Yatim dan Dhuafa yang telah dilaksanakan di kabupaten karo menemukan bahwa perkembangan islam dan umat islam di tanah karo sangat membutuhkan sentuhan dan dukungan dari luar tanah karo, diantaranya adalah kebutuhan ibadah seperti mukena, al quran terjemah dan pengiriman ustadz dalam jangka pendek dan kaderisasi putera-putera karo untuk belajar di Jakarta atau bandung yang kelak akan kembali ke tanah karo sebagai dai. Dari anak-anak pengungsi yang mendapat bantuan buku iqro dan kerudung, ditemukan kemampuan baca alqur an yang sangat jauh dari standart, anak yang sudah kelas 5 atau kelas 6 baru mempu membaca iqro jilid tiga atau empat.

PENUTUP

Program Qurban Bersama Yatim dan Dhuafa telah dilaksanakan, ratusan pengungsi sangat bahagia menerima manfaat qurbah dari mizan amanah, semoga menjadi catatan amal kebaikan bagi semua yang terlibat, serta terima kasih kepada para pequrban, insya Alloh menjadi amal kebaikan dan tanda ketaqwaan kepada Allah subhanahu wata’ala. Lihat photo lengkap kegiatan Qurban bersama yatim sinabung klik disini

Mari berbagi informasi yang insha Allah bermanfaat kepada rekan dan saudara kita. Semoga menjadi amal soleh yang membawa keberkahan untuk anda. klik tombol share di bawah ini.


Copyrights © 2019 All Rights Reserved by Mizan Amanah.