Keluarga Pondasi Sebuah Negara | Mizan Amanah

Mutakhirkan

Keluarga Pondasi Sebuah Negara

Keluarga, Parenting
Published by adminweb on Sen, 09/02/2019 - 12:05

Sesuatu hal yang besar, semuanya berawal dari hal-hal kecil.  Orang dewasa dengan keahlian yang bermacam-macam, berasal dari bayi lemah yang tak bisa apa-apa. Berdirinya suatu bangunan yang megah dan kokoh di berbagai tempat, berasal penyusunan batu bata kecil yang rentan retak. Serta adanya suatu negara yang besar dan hebat, lahir dari perkumpulan manusia di setiap daerah.

Ruang lingkup terkecil yang menghimpun setiap manusia adalah keluarga. Keluarga menjadi perkumpulan atau organisasi pertama dan utama bagi manusia. Oleh karena itu, peran keluarga menjadi sangat penting dalam membentuk akhlak dan karakter seseorang, karena generasi penerus bangsa yang akan datang, dibentuk melalui pendidikan dalam keluarga.

Melalui keluarga, seseorang akan mulai mengenali dan mengalami adanya perbedaan, kerja sama, kehangatan dan kasih sayang. Contohnya seperti mulai memahami perbedaan secara fisik tentang adanya laki laki dan perempuan, adanya kesukaan dan ketidaksukaan pada suatu hal, melaksanakan kewajiban sebagai ayah, ibu dan anak sesuai porsinya masing-masing, bekerjasama satu sama lain jika ada kesulitan dalam melaksanakan pekerjaan rumah, merasakan suasana yang nyaman di dalam rumah, dan menghargai serta menyayangi anggota keluarga satu sama lain. Demikian juga tentang perkembangan pola pikir, skill, manajemen, dan tingkat kedewasaan seseorang., semua itu akan ditemui dan dipelajari dalam wadah yang bernama keluarga.

Keluarga yang dapat mengelola semua perbedaan dan sumberdaya yang ada, serta dapat merealisasikan fungsi dan peran masing-masing seluruh anggota keluarga dengan baik, maka akan melahirkan generasi yang berkualitas. Seluruh anggota keluarga ini nantinya akan menghadapi dan turut serta berperan dalam membentuk organisasi yang lebih luas lagi bernama masyarakat, kemudian negara, bahkan mungkin dunia. Disini seseorang juga akan bertemu dengan berbagai perbedaan dan keragaman yang lebih beragam, serta permasalahan yang lebih kompleks dibandingkan dengan yang terjadi didalam keluarga.

Seseorang yang sudah terlatih dengan baik mengelola dan menyelesaikan semua permasalahan dalam keluarga, maka dia akan terlatih pula mengelola dan menyelesaikan semua masalah di masyarakat dan negara. Dengan arti bahwa, keluarga merupakan unit terkecil sebuah organisasi besar yang bernama negara. Maka negara apapun yang dapat menjamin bahwa keluarga yang ada di dalamnya merupakan keluarga yang baik dan berkualitas, maka negara tersebut akan tumbuh menjadi negara yang baik dan berkualitas pula.

Untuk itu dalam rangka perbaikan kualitas generasi Bangsa ini, Alquran sudah memiliki solusi yang dapat menjadi panduan, berikut nasihat-nasihat dari Lukman Al Hakim yang diabadikan dalam alquran:

  1. Keyakinan Tauhid Sebagai Fondasi (ref Qs. Lukman : 13)
  2. Menanamkan Kesadaran akan Pengawasan Allah (ref QS. Lukman : 16)
  3. Mendirikan Shalat (ref QS. Lukman : 17)
  4. Melaksanakan Amar Ma’ruf (ref Qs. Lukman : 17)
  5. Menjalankan Nahi Mungkar (ref Qs. Lukman : 17)
  6. Selalu Bersikap Sabar (ref Qs. Lukman : 17)
  7. Tidak Sombong dan Angkuh (ref Qs. Lukman : 18)
  8. Selalu Bersikap Sederhana (ref Qs. Lukman : 19)

Mari berbagi informasi yang insha Allah bermanfaat kepada rekan dan saudara kita. Semoga menjadi amal soleh yang membawa keberkahan untuk anda. klik tombol share di bawah ini.


Copyrights © 2019 All Rights Reserved by Mizan Amanah.