Ingin Anak Sukses? Ini cara Nabi. | Mizan Amanah

Informasi

Ingin Anak Sukses? Ini cara Nabi.

Published by adminweb on Sab, 03/02/2019 - 19:00

Assalamu’alaikum Sahabat Yatim-Dhuafa.

Rasulullah Shallallau ‘Alaihi Wasallam berasabda: “Sebaik-baik kalian adalah (suami) yang paling baik terhadap keluarganya dan aku adalah yang paling baik terhadap keluargaku.” (HR.Tirmidzi).

Dari kutipan hadits diatas bisa tergambar jelas bahwa Rasulullah sendiri sangat baik kepada keluarganya, termasuk kepada anaknya. Beliau dikenal penyayang dan penyabar. Tidak suka membentak anak. Namun juga tegas dalam urusan agama.

Berikut ini beberapa cara Rasulullah mendidik anak :
1. Menarik Perhatian Anak dengan Ucapan yang Lembut
Rasulullah selalu memanggil anak - anaknya dengan panggilan yang baik dan lembut. Tak pernah sedikitpun ada bentakan dalam lisan beliau ketika memanggil anaknya.

Adakalanya Rasulullah memanggil anak dengan panggilan yang paling sesuai dengan jenjang usianya, seperti ungkapan, “Anak muda, sesungguhnya aku akan memberimu beberapa pelajaran.” Dan seterusnya.

  1. Menghargai Mainan Anak dan Jangan Melarangnya Bermain
    Apa yang akan Anda katakan ketika mengetahui bahwa Hasan bin Ali mempunyai anak anjing untuk mainannya, Abu Umair bin Abu Thalhah mempunyai burung pipit untuk mainannya, dan Aisyah mempunyai boneka perempuan untuk mainannya.

Setelah dinikahi Rasulullah, Aisyah membawa serta boneka mainannya ke rumah beliau, bahkan Rasulullah mengajak semua teman-teman Aisyah ke dalam rumah untuk bermain bersama Aisyah. Realitas seperti ini menunjukkan pengakuan dari Rasulullah terhadap kebutuhan anak kecil terhadap mainan, hiburan dan pemenuhan kecenderungan (bakat).

  1. Mengajarkan Anak Akhlaq Mulia
    Anas menuturkan bahwa Rasulullah bersabda, “Wahai anakku, jika engkau mampu membersihkan hatimua dari kecurangan terhadap seseorang, baik pagi hari maupun petang hari, maka lakukanlah. Yang demikian itu termasuk tuntunanku. Barang siapa yang menghidupkan tuntunanku, berarti ia mencintaiku, dan barang siapa mencintaiku niscaya akan bersamaku di dalam surga.” (HR. Tirmidzi)

Copyrights © 2019 All Rights Reserved by Mizan Amanah.