Renungan Bencana | Mizan Amanah

Informasi

Renungan Bencana

Published by adminweb on Sel, 03/12/2019 - 19:00

Terkadang Allah menurunkan musibah kepada Hamba-Nya. Salah satu bentuk musibah tersebut dalah penyakit, rasa tidak aman atau bencana alam seperti banjir, gempa, dan tanah longsor.

Namun, sebagai seorang muslim yang taat kita harus bisa mengambil hikmah dari bencana yang datang tersebut.

Allah SWT berfirman:

"Yaitu orang-orang yang apabila ditimpa musibah, mereka mengucapkan: 'Inna lillaahi wa innaa ilaihi raaji'uun'" Q.S Al-Baqarah 156.

Salah satu hikmah terjadinya musibah adalah agar kita kembali kepada Allah, ini merupakan teguran kasih sayang dari Allah kepada hamba-Nya.

Terkadang manusia selalu sibuk terlalaikan dengan urusan dunia, hingga tak ada waktu untuk Sang Pencipta, padahal segala sesuatu di muka bumi ini sudah diatur.

Rasulullah Shallalahu 'alaihi wa sallam bersabda :

"Tidaklah seorang muslim tertusuk duri atau sesuatu hal yang lebih berat dari itu melainkan diangkat derajatnya dan dihapuskan dosanya karenanya" (HR. Bukhari & Muslim)

Betapa baiknya Allah, meskipun kita diuji dengan sebuah bencana Allah tetapi mengangkat derajat kita dan menghapus dosa kita bagi hamba-hamba Nya yang bersabar.

Sekali lagi bergembiralah, karena bisa jadi dengan musibah ini kita akan bersih dari dosa bahkan tidak mempunyai dosa sama sekali, kita tidak punya timbangan dosa, kita menjadi suci sebagaimana anak yang baru lahir.

Nabi Shallallahu 'alaihi wasallam bersabda,

"Cobaan akan selalu menimpa seorang mukin dan mukminah, baik pada dirinya, pada anaknya maupun pada hartanya, sehingga ia bertemu dengan Allah tanpa dosa sedikitpun." (HR. Ahmad, shahih)

Copyrights © 2019 All Rights Reserved by Mizan Amanah.