Hikmah Isra' Mi'raj | Mizan Amanah

Informasi

Hikmah Isra' Mi'raj

Published by adminweb on Rab, 04/03/2019 - 09:00

Ketika Nabi Muhammad masih berada di tengah periode dakwah yang akan menerobos jalan antara pencapaian kesuksesan dan penindasan, sementara secercah harapan mulai tampak dari kejauhan maka terjadilah Isra Mi’raj. Mengenai apa itu isra Mi’raj dan apa hikmah dari isra Mi’raj mari kita bahas.

Isra mi’raj adalah bagian kedua dari perjalanan Rosullullah yang dilakukan hanya semalam saja, kejadian ini merukan peristiwa penting bagi umat islam, yakni dalam peristiwa ini Rosullulloh mendapatkan perintah untuk menunaikan salat 5 waktu dalam sehari semalam.

Adapun untuk peristiwa isra mi’raj ini Allah juga menyampaikan dalam Firmannya “ Maha suci Allah yang telah memperjalankan HambaNya (Muhammad) dari masjidil haram ke masjidil aqsa, yang telah kami berkahi sekelilingnya agar kami perlihatkan kepadanya sebagian tanda tanda (kebesaran) kami, Sesungguhnya Dia Maha Melihat dan Maha Mendengar.”( Qs Al Isra : 1)

Jadi sikap kita sebagai muslim terhadap perisiwa Isra Mi’raj ini adalah : Menerima berita tersebut, mengimani tentang kebenaran adanya peristiwa isra Mi’raj, dan tidak menolak peristiwa tersebut atau mengubah berita tersebut sesuai kenyataannya. Kewajiban kita hanya beriman sesuai berita yang datang terhadap seluruh perkara ghaib yang Allah kabarkan.

Sahabat dermawan, adapun hikmah yang dapat diambil dari peristiwa Isra Mi’raj ini adalah :

Membersihkan jiwa raga ketika akan menghadap Allah SWT

Diriwayatkan sebelum Nabi Isra Mi’raj, beliau terlebih dahulu “dibedah” oleh malaikat untuk membersihkan Jiwa nya dari sifat sifat buruk, Itu menunjukkan bahwa sebelum menjalankan perintah (ibadah) sebaiknya kita membersihkan jiwa raga tertama hati dari segala kotoran atau najis dan niat yang buruk.

Bukti Kebesaran Allah SWT

Seperti kita ketahui dalam surat Al Isra : 17, Bahwa perjalanan ini bertujuan untuk memperlihatkan tanda-tanda kebesaran Allah , itu artinya kita pun harus memperhatikan kebesaranNya sehingga keimanan dan eksistensi kebesaran dan keagungan Allah tertanam kuat dalam diri.

Peduli Al-Aqsha

Salah satu tempat yang terkait dengan Isra’ Mi’raj adalah Masjid Aqsha. Setidaknya, peringatan Isra’ Mi’raj kali ini dapat dijadikan momentum bangkitnya kepedulian terhadap nasib Al-Aqsha dan Muslim Palestina. Apalagi ada sinyal kaum Zionis hendak meruntuhkan masjid tersebut.

Shalat Tiang Agama Islam

Hal utama yang dibawa oleh Nabi sepulang Isra’ Mi’raj adalah perintah shalat. Shalat adalah satu-satunya kewajiban dan menjadi kebutuhan umat Islam yang perintah-Nya diturunkan langsung oleh Allah SWT.
Shalat juga merupakan amal perbuatan yang pertama kali dihisab di akhirat dan menentukan baik-buruknya amal seseorang.

Shalat merupakan pembeda antara umat Islam dan kaum kafirin

Penentu kebaikan dan keburukan amal seseorang (QS. 29: 45, 70: 19-23)

Shalat merupakan manifestasi inti akidah Islam (tauhid).

Semoga kita dapat mengambil hikmah dari peristiwa ini, dan mudah mudahan ketika kita mengingat peristiwa ini semakin menjadikan bertambahnya keimanan kita. Aamiin

Copyrights © 2019 All Rights Reserved by Mizan Amanah.